Saturday, October 1, 2011

Apel (Pyrus malus L.)


Apel merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis. Di Indonesia apel telah ditanam sejak tahun 1934 hingga saat ini. Apel mengandung banyak vitamin C dan B. Selain itu apel kerap menjadi pilihan para pelaku diet sebagai makanan substitusi (Anonim, 2011a).
Klasifikasi Apel berdasarkan Anonim (2011b) yaitu:
Kingdom                 : Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi       : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                  : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                   : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas           : Rosidae
Ordo                    : Rosales
Famili                  : Rosaceae (suku mawar-mawaran)
Genus                  : Pyrus 
Spesies               : Pyrus malus L.  
Apel (Pyrus malus) dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin. Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. Sedang apel lokal di Indonesia yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Atau juga berasal dari daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat. Di Indonesia, tanaman  apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang cocok yakni yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut (Anonim, 2011c). 

Tumbuhan apel dikatagorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi (Anonim, 2011c).

Reactions:

0 comments:

Post a Comment