Saturday, October 1, 2011

Total Asam

Selama periode pematangan kandungan asam total turun. Sebagai contoh adalah kandungan asam malat dalam apel. Bersamaan dengan turunnya total asam maka terjadi penurunan kandungan pati. Berlangsungnya klimaterik apel disertai dengan peningkatan aktivitas motokonria pada bagian kulit dan daging buahnya, yang juga ditandai oleh kenaikan aktivitas enzim malat dan piruvat karboksilase (Tranggono dan Sutardi, 1989).

Menurut Apandi (1984), kandungan asam organik yang terdapat pada apel antara lain : Malic, quinic, _-ketoglutaric, oxalacetic, citrit, pyruvic, tumaric, lactic dan succinic acids.

Nomor Asam Total (TAN) adalah jumlah kalium hidroksida dalam miligram yang diperlukan untuk menetralkan asam dalam satu gram minyak. Ini adalah pengukuran kualitas penting dari minyak mentah. Nilai TAN menunjukkan ke kilang minyak mentah potensi masalah korosi. Hal ini biasanya asam naftenat dalam minyak mentah yang menyebabkan masalah korosi (Anonim, 2011g).

Menurut Anonim (2011g) Nilai TAN dapat disimpulkan dengan beberapa metode yang berbeda, misalnya dengan titrasi potensiometri atau dengan titrasi indikator warna :      
 
* Titrasi potensiometri: Sampel biasanya dilarutkan dalam toluena dan propanol dengan sedikit air dan dititrasi dengan kalium hidroksida beralkohol (sampel asam). Sebuah elektroda gelas dan elektroda referensi direndam dan terhubung ke voltmeter / potensiometer. Pembacaan meter (milivolt) diplot terhadap volume titran. Titik akhir diambil di infleksi yang berbeda dari kurva titrasi yang dihasilkan sesuai dengan larutan penyangga dasar.

* Warna titrasi menunjukkan: Sebuah warna indikator pH yang sesuai misalnya fenolftalein, digunakan. Titran ditambahkan ke sampel dengan cara suatu buret. Volume titran digunakan untuk menyebabkan perubahan warna permanen dalam sampel dicatat dan digunakan untuk menghitung nilai TAN.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment