Thursday, November 3, 2011

Biskuit

Roti mari atau biskuit adalah produk makanan kecil yang renyah yang dibuat dengan cara dipanggang. Istilah biskuit berbeda-beda di berbagai daerah di dunia. Asal kata ‘biskuit’ atau ‘biscuit’ berasal dari bahasa latin, yaitu bis coctus yang berarti “dimasak dua kali” (“cooked twice”) (Anonim, 2011). 

Biscuit merupakan produk makanan yang dibuat dari bahan dasar terigu yang dipanggang hingga kadar air kurang dari 5 persen. Biasanya resep produk ini diperkaya dengan lemak dan gula serta ditambah bahan pengembang. Cookies merupakan sinonim dengan biscuit biasa digunakan di Amerika sedangkan biscuit digunakan di Inggris. Di Indonesia dalam hal ini Departemen Perindustrian RI membagi biscuit menjadi 4 kelompok yaitu : biskuit keras, crackers, cookies dan wafer (Anonim, 2006).

Biskuit merupakan kue yang berbahan dasar tepung terigu dengan tambahan bahan lainnya. Kue ini dimasak dengan cara pemanggangan. Biskuit seharusnya mempunyai kadar air maksimum 5% (Anonim, 1992).

Biskuit roma adalah biskuit yang bergizi dan cocok untuk keluarga. Biskuit roma mengandung lemak 11%, Protein 4%, vitamin
B1 4%, vitamin B2 5%, asam folat 10%, karbohidrat 7%, natrium 5%, vitamin E 10%, kalsium 1%, zat besi 2%, dan zinc 9%. Biskuit roma adalah biskuit yang gurih dengan kualitas tinggi dan dengan tekstur yang keras terlihat biskuit roma memiliki kandungan air yang sedikit (Mayora, 2011).


Reactions:

0 comments:

Post a Comment