Thursday, November 3, 2011

Ikan layang (Decapterus russelli)

Ikan layang (Decapterus russelli) merupakan salah satu jenis ikan laut yang sering dijadikan sebagai teman nasi. Orang banyak yang menyukai ikan ini disamping rasanya enak ikan ini juga mempunyai nilai giji yang tinggi. Tingkat konsumsi ikan di negara kita masih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara di tetangga kita, oleh karena itu sangatlah cocok bila ikan layang (Decapterus russelli) ini dijadikan sebagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari sebagai salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat (Anonim, 2010a).

Klasifikasi ikan layang menurut Anonim (2010b) adalah sebagai berikut.
Filum          : Chordata
Subfilum     : Vertebrata
Kelas          : Actinopterygii
Ordo           : Perciformes
SubOrdo     : Percoidei
Famili          : Carangidae
Genus         : Decapterus
Spesies       : Decapterus russelli Ruppell

Ikan layang (Decapterus russelli) mempunyai nama umum round scad. Ikan layang (Decapterus russelli) merupakan ikan yang mempunyai kemampuan bergerak dengan cepat di air laut. Tingginya kecepatan tersebut dapat dicapai karena bentuk tubuhnya yang seperti cerutu dan mempunyai sisik yang sangat halus. Ikan layang (Decapterus russelli) bentuk tubuh seperti cerutu tetapi agak pipih, sirip dada lebih pendek dari panjang kepala, maxilla hampir mencapai lengkung mata terdepan, ikan layang (Decapterus russelli) dalam keadaan segar seluruh tubuhnya berwarna merah jambu, dan pada bagian belakang tutup insang terdapat totol hitam. Ciri-ciri ikan layang (Decapterus russelli) adalah bentuk tubuh memanjang dan agak gepeng, sirip dada berbentuk falcate dan ujung sirip tersebut mencapai awal dari sirip punggung kedua (Anonim 2010b).

Ikan layang (Decapterus russelli) merupakan ikan perenang cepat yang hidup berkelompok di laut yang jernih dan bersalinitas tinggi. Ikan layang (Decapterus russelli) hidup dengan salinitas tinggi yaitu ± 32‰. Ikan layang (Decapterus russelli) juga termasuk dalam ikan stenohalyn yang dapat hidup dengan memakan plankton. Makanan ikan layang (Decapterus russelli) sangat tergantung pada plankton, terutama jenis-jenis zooplankton. Pada beberapa kasus ternyata bahwa ikan layang (Decapterus russelli) tidak mutlak tergantung pada zooplankton. Ikan-ikan kecil merupakan makanan bagi Decapterus russelli isi perutnya hanya dua ekor ikan teri (Stolephorus spp.) dan seekor ikan japuh (Dussumiera acuta). Makanan Decapterus russelli yang utama adalah Crustacea seperti Copepoda serta telurnya, Mysidacea, Amphipoda, Ostracoda, dan potongan-potongan udang (Anonim, 2010b).

Ikan layang (Decapterus russelli) merupakan salah satu jenis ikan laut. Ikan ini adalah ikan yang segar selama penyimpanan yang baik dan belum terserang mikroba atau terjadi reaksi kimia lainnya. Ikan segar seharusnya mempunyai kadar abu maksimum 2% (Anonim, 2006).

Analisis kimia daging ikan layang berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah kadar air 78,58%, kadar abu 1,03%, lemak 1,90%, protein kasar 18,13%, TVB 9,79 mg N/100 g, dan  pH 5,98 (Chairita, 2009).
Reactions:

0 comments:

Post a Comment