Wednesday, November 29, 2017

Apa bedanya Amina, Amida, Amonia, dan Amonium ?

Ada yang pernah bingung dengan bedanya amina dan amida ?
Atau bingung antara amonia dan amonium ?

Tenang, you are not the only one... Saya juga dulu suka bingung dengan mereka tapi karena memilih jurusan ilmu dan teknologi pangan terutama karena berusaha mendalami kimia pangan jadi mau tidak mau harus memaksa diri berkenalan akrab dengan mereka.

Pertama-tama, mari kita berkenalan dengan Amonia atau dalam bahasa Inggrisnya disebut ammonia. Adalah senyawa dengan rumus NH3[1]. Senyawa ini merupakan senyawa netral tanpa muatan karena ikatan 1 buah Nitrogen dan 3 buah Hidrogen saling melengkapi satu sama lain. Untuk penjelasan ini, bisa dilihat di konfigurasi elektron dan jenis-jenis ikatan kimia yah. Senyawa memiliki bau tajam dan merupakan basa lemah atau kaustik. Namun fokus artikel ini hanya untuk membantu membedakan keempat senyawa ini jadi tidak akan membahas jauh sampai kesana. Cukup pembaca mengerti bahwa Amonia adalah NH3.

Yang kedua adalah Amina atau dalam bahasa Inggris disebut Amine, merupakan turunan dari Amonia[2]. Jika rumus kimia Amonia adalah NH3 maka rumus Amina adalah R-NH2 dimana salah satu H digantikan oleh senyawa lain, yang disebut Alkil. Kali ini perbedaannya sudah terlihatkan kan ? Jika pada Amonia terdapat 3H maka pada Amina hanya terdapat 2H dan satu posisi H digantikan oleh senyawa lain.

Sekarang kita menuju Amonium. Pernah mendengar istilah Amonium Sulfat? Nah penyusunnya adalah Sulfat dan Amonium. Berbeda dengan Amina yang kekurang 1H dari Amonia, Amonium justru memiliki kelebihan H sehingga rumus kimianya adalah NH4+. Mengapa terdapat satu muatan positive? Karena jika Amonia atau NH3 tidak bermuatan maka penambahan 1 Hidrogen akan memberikan 1 muatan positive. Sampai sini juga sudah lebih jelaskan ?

Akhirnya kita akan berkenalan dengan Amida atau Amide dalam bahasa Inggrisnya. Sedikit berbeda dengan ketiga kawannya di atas. Amida sebenarnya adalah turunan dari asam karboksilat[3], hanya saja pada posisi gugus hidroksil (OH) digantikan oleh Amine (NH2) sehingga disebut Amida. Sehingga jika pada asam karboksilat rumusnya adalah R-COOH maka pada amida rumusnya adalah R-CONH2.

Untuk lebih memudahkan mengerti materi ini,
Jika amonia berada di tengah maka tambah satu H jadi amonium.
Kalo dikurang 1 H jadi Amina.
Sedangkan Amida akan lebih mudah dimengerti jika telah memahami penjelasan tentang gugus fungsi.

Lebih mudah kan temans,


Ira









Reactions:

0 comments:

Post a Comment