Sunday, December 24, 2017

Tempat Belanja di Wageningen

Wageningen adalah kota dengan jumlah pelajar Indonesia yang cukup banyak. Pelajar muslim tentu saja bukan pengecualian. Tidak jarang, ada yang bertanya tentang makanan halal dan murah tentu saja. Agar lebih mudah, akan saya tulis disini saja sependek pengetahuan saya.

1. Zam-zam
Zam-zam adalah salah satu toko Asia di Wageningen. Terletak kurang lebih 100 meter dari bus stasiun Wageningen. Hanya perlu menyeberang jalan, lalu jalan sedikit dan sampai lah kita di toko Zam-zam. Toko ini agak kecil namun jualannya cukup bervariasi kok. Kalau saya sendiri di zam-zam lebih suka beli daging-dagingan dan tepung-tepungan. Seperti Daging sapi, hati sapi, daging ayam, tepung tapioca, tepung beras, dan tepung ketan. Kadang-kadang santan juga beli disini.

2. Lidl
Lidl adalah toko dari jerman (kalo saya tidak salah). Lidl lebih seperti mini market yang menjual chemilan, roti-rotian, cokelat, kue-kuean juga. Lidl ini menurut saya barang-barangnya murah tapi karena tidak ada label halal seperti zam-zam jadi biasanya saya membaca dulu komposisi bahan pangannya. Untuk bahan yang tidak boleh saya konsumsi biasanya adalah emulgator yang basis hewani. Jadi yang pertama saya lakukan adalah melihat emulgatornya, kalau lechitin baru saya ambil. Kalau yang kode-kode dengan E number, sebaiknya tanya dulu apa itu hewani atau nabati. Selain itu saya juga tidak membeli marsmallow disini karena mengandung komposisi yang tidak boleh saya konsumsi. Selebihnya rata-rata emulgatornya lechitin. Kalau disini saya lebih suka beli biskuit, cokelat, cereal, susu volle melk (menurut saya ini paling enak), donat, chese cake, udang, kentang beku, juga terkadang detergent dan keperluan mandi. 

3. Action
Kalau dari lidl ke Action, jaraknya mungkin sekitar 300 sampai 500 meter yah (I'm not good at this actually) tapi lumayan dekat kok. Nah kalo di Zam-zam dan Lidl tadi saya belanjanya makanan semua, di Action beda lagi. Saya biasanya kesini kalau ada keperluan non pangan, seperti membeli lampu sepeda, gembok sepeda, detergent, sabun-sabunan, lotion, lip balm, ATK, atau keperluan rumah tangga seperti lunch box, botol minum, plastik sampah, and many more. Pokoknya keperluan non pangan, saya disinilah pokoknya. 

4. Indrani
Indrani adalah toko Asia, sama juga seperti zam-zam. Bedanya kalau di zam-zam yang jaga Abang Turki, di Indrani yang jaga Ibu Suriname atau India yah. Saya sebenarnya tidak pernah tanya juga sih, cuma nebak dari wajah Ibunya. Toko ini juga menjual bumbu-bumbuan dan banyak hal dari Asia tapi biasanya saya kesini untuk beli tempe, tahu, juga sereh dan lengkuas bubuk. Walau rasanya tentu saja beda dengan bumbu di Indonesia, tapi lumayan mengobati rasa rindu negeri tercinta. 

5. Hema
Sebenarnya saya jarang ke Hema sih. Tapi tak apalah kusebutkan juga disini. Hema adalah toko yang berada tak jauh dari action. Kalau menurut saya yah, jualannya hampir sama yang ada d action tapi beda merk tentu saja dan mungkin beda kualitas juga, I'm not sure. Saya lebih suka belanja di Action karena lebih murah hehe. 

6. Jumbo
Berbeda dari semua toko di atas yang letaknya d centrum, nah Jumbo ini supermarket yang jauh dari centrum tapi paling dekat dengan kampus. Mungkin jumbo ini seperti waserba buat saya kalo lagi malas ke centrum. Di jumbo ada buah, ATK, sabun-sabunan, dan lain-lain. Tapi saya lebih sering ke centrum sih. Di jumbo biasanya saya beli minyak goreng dan telur. Kadang-kadang juga kalau malas mengayuh sepeda ke centrum yah saya belanja di jumbo pada akhirnya. Kalau teman-teman baru datang ke Wageningen, belum punya sepeda dan tinggal dekat kampus, jalan-jalan saja ke jumbo. Ada mie instant yang terkenal di negeri kita juga kok. 

7. Open Market
Open market atau saya juga suka menyebutnya fresh market. Open market adanya hari rabu dan hari sabtu saja. Karena saya liburnya sabtu, makanya sering ke open market. Terletak di dekat gereja dan dekat air mancur. Open market adalah surga bagi saya di Wageningen ini. Saya biasanya memulai belanja dari ujung belakang yakni tempat penjual ikan. Kadang-kadang beli ikan, kepiting, atau cumi. Setelah itu lanjut ke penjual sayur di sampingnya, tapi yang saya beli biasanya cuma jamur dan tauge. Barulah penjual selanjutnya saya membeli beberapa hal. Buah-buahan seperti mangga, melon, dll. Cabai besar dan kecil, jeruk nipis, tomat, sayur-sayuran seperti brokoli, etc. Kenapa saya paling suka penjual nomor tiga ini, karena murah tapi tidak tahu cukup tahan atau tidak buah-buahannya, saya juga tidak suka stok lama jadi lumayan efektif lah. Kalau cabai dan jeruknya bisa tahan sebulan di kulkas saya sih. 

Sebenarnya masih banyak toko lain di Wageningen, cuma yang paling sering saya kunjungi yah di atas ini. Kruidvat juga kadang-kadang cuma buat beli lotion. 

Semoga bermanfaat yah infonya. Feel free to email me kalo butuh informasi tentang ini.


Ira

Reactions:

0 comments:

Post a Comment